Menjadikan Ekspor Sebagai Mata Pencharian

Ukuran petakan sawah dan kebun yang kecil serta kemiringan yang curam tidak memungkinkan penerapan teknologi secara optimal . Anak-anak milenial saat ini terlihat enggan menjadi petani, mereka lebih cenderung memilih untuk kerja di industri dan grocery store Dibanding bercocok tanam. Hal ini pun terjadi dengan tetanggaku yang lebih memilih untuk merantau di kota menjadi seorang kasir di sebuah toko sembako dibanding dengan bercocok tanam di kampung bersama kedua orang tuanya, alasannya bahwa menjadi petani belum bisa memberikan jaminan yang layak bagi kehidupannya. Banyak generasi milenial yang enggan atau tak bertahan dalam bertani saat ini. Peneliti mengatakan hal ini disebabkan kemudahan teknologi dan pendapatan petani yang kurang memuaskan. Peneliti indef, mirah midadan mengatakan, masyarakat beralih ke sektor non pertanian ketika umur mereka masih muda.

Masalah ini akan tidak dapat terselesaikan dengan cepat jikalau pemenuhan lahan di Indonesia masih relatif kecil. [newline]Masalahsoal lahan yang sempit sebaiknya di tindak lanjut untuk kepentingan para petani maupun ekonomi nasional. Pengalihan fungsi lahan adalah alternatif yang baik bagi petani, tidak lain hanya untuk meningkatkan daya produksi, panen, hingga kemakmuran petani. Dalam hal ini pemerintah seharusnya membuat sebuah kebijakan perencenaan tentang pengalokasian lahan pertanian, tentunya pemerintah harus menggenjot wilayah yang sangat baik bagi sektor pertanian dari tanah yang subur, topografi relatif rata, iklim menunjang, dan infrastruktur memadai. Bukan hanya itu, pembentukan sistem cluster based mostly economy dapat digunakan sebagai bentuk alat dalam pengembangan lahan sektor pertanian yang memungkinkan penggunaan lahan bagi non pertanian dapat terahlikan sehingga wilayah yang sangat baik untuk pertanian dapat terkonversi terhadap sektor non-pertanian. Skala lahan yang minimal bagi petani adalah kapasitas lahan sehingga pendapatan/hasil panen yang diperoleh sangat minimum yang melebihi biaya dan kebutuan petani secara wajar. Lahan yang sempit tidak memungkinkan bagi seorang petani memperoleh penghasilan yang dapat memenuhi kebutuhan sehingga usaha para petani tidak sejahtera.

Buah mete dapat dipilah menjadi dua bagian utama, yaitu mete gelondongan dan buah semu. Dari mete gelondongan dapat dihasilkan kacang mete, yaitu dengan cara memecah kulit nya . Dalam proses pemecahan ini dapat dihasilkan CNSL yaitu oleoresin yang berasal dari pericarp. Kacang mete dapat digunakan lebih lanjut untuk berbagai produk pangan dan kosmetika, sedangkan CNSL digunakan sebagai bahan baku pembuatan perekat dan minyak rem. Namun solusi di atas tidak bisa di lakukan dengan cara instan namun harus segera dilakukan.

Selain pemberian modal dalam bentuk uang, pemerintah dapat memberikan modal dalam bentuk bantuan bibit/benih unggul yang mampu ditanam demi peningkatan hasil produksi sesuai harapan. Bentuk ekstensifikasi pertanian ini bertujuan dalam mengoptimalkan lahan-lahan pertanian yang ada sehingga mampu berproduksi dengan lahan yang ada. Sebagaimana diketahui bahwa pertumbuhan ekonomi dipengaruhi beberapa komponen yaitu tingkat konsumsi masyarakat, investasi, pengeluaran pemerintah dan selisih antara ekspor dan impor. Berdasarkan knowledge dari Badan Pusat Statisitik Provinsi Maluku Utara tahun 2017, tingkat pertumbuhan ekonomi Provinsi Maluku Utara sebesar 7.2%, jauh lebih tinggi dari stage nasional diangka 5,07%. Meskipun secara perhitungan kontribusi terhadap pertumbuhan ekonomi nasional hanya sekitar four,89%, pertumbuhan ekonomi tersebut memiliki dampak luas terutama dalam penyerapan tenaga kerja baik dari penduduk lokal maupun dari daerah lain.

Menjadikan ekspor sebagai mata pencharian

Dengan julukan sebagai negara agraris, Indonesia diharapkan dapat menghasilkan bahan pangan sendiri. Sayangnya harapan tersebut sangat bertentangan dengan realitas yang terjadi di Indonesia. Ironisnya sebagaian bahan pangan yang semestinya dapat diproduksi sendiri seperti beras, kentang, the, dan jagung masih diimpor oleh Indonesia. Setiap tahun Indonesia mendatangkan beras dari beberapa Negara, termasuk Negara ASEAN lainnya seperti Vietnam dan Thailand, untuk memenuhi kebutuhan domestik.

Bersama sang adik, ia terus menekuni profesi sebgai petani hingga akhirnya kini memiliki perkebunan sendiri. Kami dibesarkan oleh ayah yang bekerja keras sebagai petani sehingga kami tahu seluk-beluk untuk menanam tumbuhan”, ujar Shahrizal. Udang vannamei menjanjikan penghasilan tinggi bagi masyarakat karena merupakan komoditas ekspor.

Bukan hanya itu pada dasarnya pertanian di Indonesia mulai mengalami penurunan dalam hal lahan, petani muda dan teknologi yang mendukung sektor pertanian. Lahan pertanian Indonesia semakin berkurang dikarenakan pembangunan infrastruktur industri, perumahan dan lainnya. Kebutuhan masyarakat lokal maupun internasional akan hasil perikanan budidaya masih sangat besar, sehingga usaha ini layak untuk dikembangkan.

Selain dampak tersebut, juga terdapat dampak lainnya seperti proses birokrasi di tingkat pusat serta menjadi bahan evaluasi pembangunan di periode selanjutnya. Setiap anggota negara ASEAN memiliki tujuan yang sama, yaitu menyejahterakan masyarakatnya di setiap bidang. Hal ini sangat bagus, mengingat di masa sulit seperti sekarang sangat diperlukan untuk menggali potensi-potensi mata pencaharian lain. “Setelah pelatihan, mereka langsung produksi, setelah kita kurasi ternyata hasil mereka baik, dan semangat dari masyarakat untuk dapat memproduksi lidi sangat baik,” ujarnya. [newline]“Kami minta tolong pemerintah untuk memberikan kemudahan dalam perizinan, dan juga dapat mengatur harga yang bagus untuk ekspor. Kami pun berharap mendapatkan bimbingan dari dinas koperasi dan UMKM, mengingat SDM masih minim,” ungkapnya. Disampaikan oleh Jafri, selaku Tokoh Desa Kapur yang juga menjadi koordinator para petani dan nelayan, mengimbau agar permasalahan harga dapat diatur sedemikian rupa untuk kesejahteraan masyarakat, selain itu juga dapat diberikan kemudahan dalam hal perizinan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.