Konsep Dan Aplikasi Pajak Penghasilan

Hal ini memperjelas bahwa penghasilan dari kegiatan usaha dalam Pasal 7 OECD Model termasuk penghasilan dari pekerjaan bebas atau profesi. Pada umumnya, kegiatan usaha digambarkan sebagai aktivitas produktif yang dapat dikelompokkan ke dalam beberapa subkategori. Misalnya, pada beberapa ketentuan peraturan perundang-undangan PPh, terdapat aturan khusus untuk kegiatan usaha perbankan dan kegiatan usaha asuransi, manufaktur, retail, atau pertanian. Dikecualikan dari pengenaan pajak berdasarkan undang-undang, peraturan, atau putusan pengadilan. Berdasarkan Gambar 7.1 di atas, dapat dilihat bahwa kelompok pertama penghasilan dari hubungan pekerjaan adalah honorarium yang terdiri dari gaji, upah, bonus, biaya, komisi, hadiah, penghargaan, hadiah kompetisi, tip, golden hellos, pembayaran atas pembatalan kontrak, dan natura.

Hal yang diperhatikan untuk mencegah pecah kongsi

Sektor yang dapat dikategorikan sebagai sektor yang sulit dipajaki dapat berbeda-beda, tergantung pada jenis pajak yang dibahas. Itulah sebabnya Alm dan Martinez-Vazquez menjelaskan bahwa tidak ada definisi yang pasti dari cakupan sektor ini. Namun, adopsi metode ini tidak lain adalah untuk menyederhanakan pemungutan pajak sehingga mampu mencapai tujuan-tujuan utama berikut. Berdasarkan Loeprick yang disarikan dari World Bank, penerapan presumptive tax pada umumnya menggunakan turnover based mostly system, indicator primarily based system, atau gabungan keduanya. Namun demikian, di negara transisi, turnover primarily based system merupakan model yang umum digunakan.Penjelasan dari masing-masing sistem ini dapat dilihat pada Gambar 9.2 di bawah.

Dalam sejarah pemungutan PPh, definisi penghasilan berdasarkan konsep akresi dikembangkan oleh tiga ahli ekonomi di bidang perpajakan, yaitu George Schanz, Robert Murray Haig, dan Henry C. Simon. Tidak mengherankan jika konsep akresi ini juga dikenal dengan istilah Schanz, Haig, and Simon Concept atau disingkat menjadi SHS Concept . Berdasarkan Konsep SHS, penghasilan diartikan sebagai ”the internet accretion of one’s financial power between two points of time”.

Menurut Couzin ada tiga indikator untuk menetapkan CMC, yaitu manajemen strategis yang melibatkan dewan direksi, manajemen yang melibatkan pimpinan perusahaan tertinggi secara efektif, dan manajemen sehari-hari. Pada umumnya, karakteristik joint operation merupakan sebuah pengaturan bersama dengan ketentuan pihak yang memiliki kontrol atas suatu pengaturan bersama berhak atas aset dan kewajiban untuk liabilitas sehubungan dengan pengaturan bersama tersebut. CV didirikan berdasarkan hukum di Indonesia yang dituangkan di dalam akta notaris. Selanjutnya, akta notaris tersebut didaftarkan di kepaniteraan Pengadilan Negeri tempat persekutuan komanditer berkedudukan. Akta pendirian tersebut diumumkan dalam ikhtisar akta pendirian dalam berita negara. Kedua, lembaga amal dilarang meminta bantuan dari lembaga legislatif untuk menjalankan tugasnya atau mengambil keputusan terkait dengan pekerjaannya.

Umumnya, perusahaan multinasional yang melakukan investasi di luar negeri juga akan melakukan investasi di dalam negeri. Secara empiris, setiap 10% kenaikan investasi perusahaan multinasional AS di luar negeri akan berkaitan erat dengan 2,6% kenaikan investasi dalam negeri.Jadi, adanya pertumbuhan aktivitas perusahaan di luar negeri akan berkaitan dengan permintaan faktor produksi dari dalam negeri. Ekonomi domestik sebagai bagian dari rantai suplai global akan tetap diuntungkan. Sebagai penutup, pilihan untuk mengadopsi sistem yang baru ataupun mempertahankan yang ada sangat dipengaruhi oleh prinsip capacity to pay, fairness, kemudahan, dan neutrality. Selain itu, tinjauan atas konsep daya saing tersebut perlu terlebih dahulu dipetakan sebelum memilih sistem yang cocok bagi Indonesia. Di sisi lain, jika daya saing yang dimaksud adalah kemampuan untuk menghasilkan whole output ekonomi Indonesia oleh siapapun yang berdomisili di Indonesia, baik perusahaan domestik maupun asing, akan lebih cocok untuk mengadopsi capital export neutrality yang tercermin dalam sistem worldwide.

Leave a Reply

Your email address will not be published.