Ingin Dalami Peluang Bisnis Ekspor? Ini Tip Bagi Pemula

Mengacu dari catatan Bank Dunia, posisi utang luar negeri Indonesia pada tahun 2019 mencapai US$402,08 miliar. Empat perusahaan jasa pelabuhan Badan Usaha Milik Negara telah resmi melakukan merger menjadi PT Pelabuhan Indonesia atau Pelindo. Seiring upaya dalam pembukaan pariwisata internasional, Dinas Pariwisata Provinsi Bali mengimbau agar pelaku wisata di Pulau Dewata berhati-hati.

Apakah hanya bisnis yang sudah maju saja yang melakukan ekspor dan impor ini? Justru usaha kecil dan menengah atau UMKM sangat disarankan untuk memasarkan produk mereka ke luar negeri. Berikut beberapa manfaat yang bisa dirasakan jika Anda memasarkan produk UMKM Anda keluar negeri. Manfaatkan kemajuan teknologi dan internet untuk membuat bisnis ekspor semakin sukses. Salah satunya dengan membuat katalog produk online atau web site dan media sosial bisnis. Selain itu, Sobat Shipper dapat menggunakan platform bisnis global populer seperti amazon.com atau alibaba.com.

Bisnis ekspor

Untuk mendapatkan nasihat hukum spesifik terhadap kasus Anda, konsultasikan langsung dengan Konsultan Mitra Justika. Oleh karena itu, Anda harus menyesuaikan bentuk usaha Anda dengan jenis barang yang akan Anda ekspor, dan juga menyesuaikan persyaratan-persyaratan yang diperlukan sebagaimana yang kami jelaskan. Yang membedakan adalah orang perseorangan hanya dapat mengekspor kelompok Barang Bebas Ekspor, sedangkan lembaga dan badan usaha hanya dapat mengekspor kelompok Barang Bebas Ekspor dan Barang Dibatasi Ekspor. Memiliki modal usaha lebih dari Rp5 miliar sampai dengan maksimal Rp10 miliar tidak termasuk tanah dan bangunan tempat usaha atau hasil penjualan tahunan lebih dari Rp15 miliar sampai dengan maksimal Rp50 miliar. Memiliki modal usaha lebih dari Rp1 miliar sampai dengan maksimal Rp5 miliar tidak termasuk tanah dan bangunan tempat usaha atau hasil penjualan tahunan lebih dari Rp2 miliar sampai dengan maksimal Rp15 miliar. Memiliki modal usaha sampai dengan maksimal Rp1 miliar tidak termasuk tanah dan bangunan tempat usaha atau hasil penjualan tahunan sampai dengan maksimal Rp2 miliar.

Pilihlah produk yang dibutuhkan oleh pasar internasional dan menjadi trend di luar negeri saat itu. Disebabkan pangsa pasar luar negeri sangat dinamis dan pattern berubah-ubah sangat cepat. Produk lokal biasanya sangat tepat dijadikan sebagai produk ekspor dengan nilai jual sangat tinggi dan disukai orang luar negeri. Misalnya batik, kerajinan tangan, tekstil, garmen, inside dan lain sebagainya.

Papan dari jamur yang tidak menggunakan lem atau resin ini membuka kesempatan bagi sejumlah perusahaan untuk bisa kembali mengekspor ke Eropa karena bisa mematuhi peraturan zero formaldehyde. Adi Reza Nugroho dan timnya memulai dari pertanian jamur dan akhirnya meneliti kemungkinan-kemungkinan untuk mengembangkan produk-produk lain dari fenomena jamur. Mycotech sekarang memproduksi materi pengganti kulit dan bahan bangunan dari teknologi jamur. Serupa di Indonesia, bisnis limbah di Eropa hingga kini masih gelap dan tertutup meski ada beragam regulasi pemerintah. Ketiadaan pengawasan perbatasan di Uni Eropa membuat perputaran uang dan limbah ilegal menjadi tak terdeteksi.

Pertumbuhan nilai ekspor produk kerajinan dunia mencapai 12 persen setiap tahunnya. Jenis produk yang besar sumbangannya adalah kerajinan logam mencapai 50,87 persen, kerajinan berbagai bahan 24,99 persen dan kerajinan batu serta keramik sebesar 12,36 persen. Potensi produk kerajinan menembus pasar ekspor ini karena dukungan dari kinerja pasar kerajinan dunia yang juga memperlihatkan pertumbuhan yang cukup tinggi dalam beberapa tahun terakhir. Melalui laman resminya djpen.kemendag.go.id, lembaga ini menggalakkan pameran digital. Dengan pameran secara online ini akan memudahkan pemasaran produk ekspor ke seluruh dunia. Selain itu, di Kemlu juga terdapat Direktorat Amerika dan Eropa, serta benua Asia dan Afrika yang terhubung dengan KBRI di berbagai negara (kemlu.go.id).

Lebih lanjut Husein menyebutkan, di period globalisasi seperti sekarang ini, masyarakat atau pelaku usaha dituntut untuk jeli mencari berbagai peluang yang bisa digarap, dari pada harus menunggu permintaan pembeli yang datang. Dengan Game Gacor adanya potensi itu, lanjut dia, memang pihaknya terus berupaya mendorong agar pelaku usaha bisa semakin berkembang. Salah satunya dengan rancangan pembuatan incubator eksportir yang akan ditempatkan di Gedung Pratistha Harsa Purwokerto.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *