Ekspor Rumput Laut Kering Dari Batam Tembus 506 Ton

“Biasa kalau di period 2009 sampai 2012, penghasilan bisa tiga hingga empat juta rupiah untuk yang kerja,” ungkap Marwandi. Tambang timah yang mudah dikerjakan siapapun, karena tanpa menggunakan teknologi canggih ataupun bahan kimia. Cukup bermodal mesin penggerak dan penggaruk tanah, penggali tambang sudah bisa mengangkut hasil galian.

Menjadikan ekspor sebagai mata pencharian

Disamping itu sektor pertanian dan peternakan sebagai komoditi penunjang.Sub sektor jasa komoditi yang diunggulkan berupa wisata alam pantai Pasir kencana, Pantai Slamaran, konservasi mangrove dan Wisata Baharidi pesisir utara Kota Pekalongan dan wisata budaya berupa kampoeng batik, Pasar Grosir Setono. Melihat kondisi geografis dan memiliki garis pantai Laut Jawa, Kota Pekalongan juga memiliki potensi pada sektor industri maritim berupa industri perdockingan dan galangan kapal sebagai sarana dan prasarana transportasi laut, Untuk itu Pelabuhan Pekalongan dapat dikembangkan sebagai Pelabuhan Umum. Jika melihat potensi yang dimiliki, maka Investasi sektor pertanian di Kabupaten Banjarnegara sangat prospektif.

Pada kondisi resesi atau krisis ekonomi, proses transformasi struktural perekonomian umumnya terganggu. Cukup banyak masyarakat yang menjadikan sektor pertanian sebagai the last resort untuk bertahan hidup. Produk tersebut pada umumnya dipasarkan ke Banjarmasin untuk kebutuhan pabrik Crumb Rubber. Pusat pertanaman karet terbesar berada di Kabupaten Kutai Barat yang dikembangkan oleh petani pekebun melalui proyek TCSSP bantuan dari Bank Pembangunan Asia (Asian Development Bank/ADB).

Masalah soal lahan yang sempit sebaiknya di tindak lanjut untuk kepentingan para petani maupun ekonomi nasional. Hal tersebut sangat disayangkan, label sebagai negara agraris nyatanya tidak menjamin Indonesia menjadi negara yang mandiri akan produksi bahan pangan. Dan hal tersebut memaksa Indonesia harus impor dari luar negeri, untuk mencukupi kebutuhan dalam negeri. Tentu hal tersebut dapat mempengaruhi devisa negara dan sangat berimbas terhadap hasil pertanian dalam negeri karena harus bersaing dengan produk luar negeri.

Diusianya yang terbilang masih cukup muda, dia tak ingin kehilangan kesempatan untuk melakukan kegiatan yang produktif ditengah situasi pandemi saat ini. Dia biasanya mempromosikan produk melaui Whats up, dengan megunnggah potret dari produk tersebut kemudia ia lengkapi dengan deskripsi produknya. Kebijakan tersebut memang pada dasarnya untuk memutus mata rantai penyebaran covid-19. Tapi jika dilihat dilapangan bahwasannya pegawai pegawai yang berkerja di perusahaan swasta banyak yang di PHK atau mereka menyebutnya dengan istilah di rumahkan. Hal tersebut tentunya berdampak bagi kehidupan masyarakat yang kehilangan mata pencahariannya di tengah pandemi saat ini yang kebutuhan untuk melangsungkan hidup tidak dilakukan dengan hanya berdiam diri saja. Saat ini kita seluruh masyarakat dunia sedang ditakuti dengan perkembangan dan penyebaran virus Covid-19 yang begitu cepat menyebar ke berbagai negara di dunia.

Sektor pertanian juga memliki peran penting untuk meningkatkan perekonomian dan memenuhi kebutuhan pangan. Keberadaan petani menjadi penting begi negara agraris untuk turut serta berkontribusi dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Untuk di Indonesia, awalnya pengklasifikasian barang dituangkan dalam daftar tarif yaitu Buku Tarif Bea Masuk Indonesia terdiri dari 10 digit nomor. Enam digit nomor yang berada di depan dibuat oleh World Customs Organisation berisi 97 bab yang berlaku secara international. Sistem klasifikasi HS enam digit tersebut dapat diperluas menjadi subkategori tambahan oleh masing-masing negara penggunanya. Di ASEAN sendiri sepakat membuat ASEAN Harmonized Tarif Nomenclature terdiri dari delapan digit yang merupakan pengembangan lebih lanjut dari enam digit HS.

Tindak lanjut suatu negara dalam menyikapi bentang alamnya dicerminkan melalui visi misi yang sesuai. Di Indonesia, pilar penyangga kemaritiman negara berkaitan erat dengan sistem politik, ekonomi, sosial dan budaya, serta pertahanan dan keamanan. Dari sudut pandang politik, inflasi dapat menyebabkan perubahan regulasi oleh pemerintah terkait dengan perekonomian makro di Indonesia, terutama terkait perubahan Anggaran Perencanaan dan Belanja Negara . Sebagaimana diketahui bersama, dalam APBN terdapat komponen asumsi dasar mengenai perekonomian makro di Indonesia pada periode APBN tersebut. Apabila terjadi kenaikan tingkat inflasi yang sudah mencapai batas toleransi, maka pemerintah dalam hal ini perlu merevisi Undang-Undang terkait dengan APBN di tahun tersebut karena inflasi dalam hal ini terkait dengan defisit anggaran pemerintah. Melakukan revisi terkait aspek inflasi dapat mencegah anggaran mencapai batas toleransi defisit yang ditentukan oleh pemerintah, yaitu sebesar 2,15% dari Gross Domestic Product untuk APBN 2016.

Leave a Reply

Your email address will not be published.