Cara Untuk Menghadapi Persaingan Usaha

Ia menjalankan bisnis F&B yang awalnya cukup sukses dan punya penghasilan cukup besar, namun karena tidak fokus dan kurang tertarik dengan mannequin bisnisnya, maka ia jatuh bangkrut dan terlilit hutang cukup besar. “Sebelum menciptakan produk, lakukan riset, cari siapa target marketnya, apakah orang butuh produk kita atau tidak,” ujarnya dalam acara yang sama. Saat mengalami kegagalan dalam usaha, Anda bisa saja mengalami masa sulit dan terpuruk.

“Memang bisnis itu harus ada riset, gak bisa modal ikut-ikutan, apalagi tidak dari hati,”ungkap Anton. Ada yang bahkan bisa gagal hingga 12 kali sebelum akhirnya bisa kuat membentuk produk yang benar-benar sesuai keinginannya. Namun demikian, kata Budi, selain enam masalah utama di atas, hal elementary yang harus mereka punya yakni mendalami bisnis skill-nya.

Mendalami sebuah bisnis

Jika Anda mungkin berfikir Facebook ketinggalan jaman, Anda salah besar. Facebook masih menjadi social media besar untuk teman teman kita di daerah. Alasannya karena Facebook tidak membutuhkan kuota web sebesar Tiktok, Instagram ataupun Youtube.

Nah, jadi biasakan untuk mengasah kemampuan berpikir menjadi lebih kreatif ya. Keterbatasan ini bisa ditangani dengan memanfaatkan teknologi internet yang kini sedang tren. Pengusaha pemula sebaiknya juga mengembangkan pemasaran dan branding secara online ke semua media sosial dan media pemasaran web, termasuk menggunakan platform toko online. Berkecimpung dalam bisnis sebagai pengusaha atau entrepreneur memang membutuhkan keahlian untuk memanfaatkan segala sumber daya yang ada dan menjadikannya sebagai sesuatu yang bernilai. Lakukanlah riset sederhana untuk menjadi bahan pertimbangan Anda dalam memilih produk.

 Skill Academy by Ruangguru memungkinkan siapapun untuk #MudahUpgradeSkill karena dapat dilakukan di mana saja dan kapan saja. Pemilik salon pemula yang ingin meningkatkan pengetahuan & kemampuan seputar tata rambut, nail art, dan eyelash extensions. Sebagai aturan, mereka telah mendalami produkmu dua kali lebih banyak daripada yang suggestions positif. Luangkan waktu kamu untuk menghubungi pelanggan yang tidak puas dan kemudian ubah produk atau layananmu menjadi lebih baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published.