7 Pelaku Umkm Peserta Ecp Sukses Lakukan Ekspor J

Menurut knowledge Kementerian Perdagangan tahun 2019, nilai ekspor arang kayu Indonesia Kuwait sejak 2015 mencapai US$ 2,eight juta per tahun dan termasuk 10 besar komoditas ekspor non-migas unggulan di Kuwait. Dimana pada 2020 (Januari – Oktober) nilai perdagangan kedua negara mencapai US$ 1,070 miliar dengan surplus untuk Indonesia sebesar US$ 632,sixty six juta. Pembakaran tempurung kelapa itu dilakukan pekerja di PT General Carbon Industry di Batam, Provinsi Kepulauan Riau. Sayangnya, jumlah tempurung kelapa—sebagai bahan baku dasar—untuk dibakar menjadi arang itu masih sangat terbatas. Dimana pada 2020 (Januari – Oktober) nilai perdagangan kedua negara mencapai USD1,070 miliar dengan surplus untuk Indonesia sebesar USD632,66 juta.

Selain itu, Asep pun rajin mengampanyekan “Save the world by coconut charcoal”. Bahwa sesungguhnya banyak value lain yang belum diketahui masyarakat, seperti briket arang kelapa dapat menyelamatkan hutan dunia karena secara tidak langsung menghentikan penebangan pohon. Melihat besarnya potensi, kata Abdul Hayat, nilai devisa dan luasnya pasar ekspor, briket arang batok kelapa dapat dijadikan sebagai komoditas ekspor andalan khususnya di Sulsel.

EKspor arang kelapa

Ditambah, kandungan PFA nya lebih rendah daripada minyak nabati lainnya. Sehingga, VCO terbukti dapat menurunkan kadar kolesterol dan obesitas. Khasiat VCO diuji juga dapat meningkatkan daya tahan tubuh terhadap penyakit dan menanggulangi penyakit virus seperti HIV.

Berdasarkan data ITC, pasar yang paling potensial saat ini untuk mengekspor produk VCO Indonesia adalah Amerika Serikat. Hal ini disebabkan karena Amerika Serikat merupakan importir terbesar pada 2018 yang mencapai 487 juta USD. Bahkan, Amerika Serikat memiliki potensi pasar yang begitu besar terhadap permintaan VCO Indonesia yang diestimasikan sebesar 218 juta USD.

Gunawan menyampaikan, pasca pelaksanaan pameran Saudi Food, Hotel and Hospitality 2016, ITPC Jeddah banyak mendapatkan permintaan dari para pengusaha resort dan restoran di Arab Saudi mengenai komoditas arang kayu. Permintaan ini meningkat sejak menjelang datangnya bulan Ramadan lalu. Dia mengatakan potensi besar tanaman kelapa yang dimiliki oleh nagari itu, dijadikanya sebagai peluang besar melalui BUMNag Mutiara Mandiri untuk meningkatkan ekonomi dan pendapatan masyarakat. Aktivitas barbekyu di rumah-rumah berkurang dengan drastis karena adanya phisical distance.

Duta Besar Indonesia untuk Kuwait, Tri Tharyat, mengungkapkan bahwa kegiatan ekspor arang kayu ke Kuwait menjadi bukti perluasan komoditas ekspor nonmigas Indonesia ke pasar Timur Tengah. Menurut Istikanah, sebelum mendapat pendampingan LPEI, penjualan briket arang kelapa dari CV Indoarab Interprise untuk diekspor sangat sulit sekali. Ia mengatakan, perusahaan mendapatkan bahan baku briket tempurung kelapa dari 15 kelompok tani. JAKARTA – Ekspor arang kelapa dan sabut kelapa Indonesia sangat prospektif untuk ditingkatkan. Hal ini seiring dengan meningkatnya permintaan kedua produk kelapa tersebut di pasar international untuk bahan baku Industri.

Produk arang bisa memasuki Eropa dan negara- negara lain,” kata Tarman. Saat ini, pihak PT GCI berencana memperluas produksi mengingat pesanan kian banyak. Di sisi lain, ia berharap konsumsi briket di dalam negeri dapat didorong lantaran konsumsinya masih rendah dibandingkan negara lain. Briket, lanjutnya, dapat digunakan untuk shisha, barbeque, dan karbon aktif. Selain itu, briket juga dapat digunakan untuk kebutuhan farmasi, AC, dan pertambangan.

Apabila kita memiliki gasoline tetapi tidak memiliki kompor, maka kita juga tidak dapat memasak karena tidak memiliki alat untuk menggunakan gasoline tersebut. KBLI berfungsi untuk menyeragamkan aktivitas ataupun kegiatan usaha di Indonesia menjadi sebuah klasifikasi yang bisa digolongkan. Standarisasi atau penyeragaman ini menjadi acuan untuk pendaftaran legalitas seperti di Akta Perusahaan ataupun NIB . “Kendala lainnya yakni terdapat keterbatasan pengetahuan tentang regulasi ekspor, baik di dalam negeri maupun di negara tujuan ekspor. Untuk itu, melalui ECP peserta diharapkan dapat menambah wawasan mengenai cara mengatasi berbagai kendala yang dihadapi untuk menjadi eksportir yang tangguh,” ujar Heryono.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA–Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki melepas ekspor briket tempurung kelapa ke Arab Saudi dan Jordania. Saat ini menurut Asep Jembar Mulyana, Direktur Utama PT. Tom Cococha Indonesia, provide bahan baku masih lancar dan sebagian besar didapat dari petani kelapa di daerah Tembilahan, Kabupaten Indragiri Hilir, Riau. “Bahan baku terus dikirim dengan jumlah 2-3 truk per hari untuk memenuhi order ekspor beberapa bulan kedepan.

Ngatiran menyebut, nilai arang batok kelapa yang dijualnya dalam tiga jenis berupa arang kasar, setengah kasar hingga arang lembut dengan harga jual per kilogram mencapai Rp7.500, dikirim dengan goal mencapai 13 hingga 15 ton per bulan. AKURAT.CO Eksportir briket arang kelapa CV Indoarab Enterprise mengakui dukungan Lembaga Pembiayaan Ekspor Indonesia membantu perusahaan dalam mengembangkan usahanya dan memperluas pasar tujuan ekspor. Untuk ekspor sabut kelapa, sayangnya Indonesia hanya hanya menempati posisi ke-9 dengan nilai hanya eleven juta USD pada 2018.

Leave a Reply

Your email address will not be published.