10 Cara Mulai Usaha Tanpa Modal

Oleh karena itu, sebelum memutuskan untuk memulai suatu bisnis, harus berpikir dan menilai secara jujur tentang diri sendiri apakah memiliki keterampilan dan kemampuan serta berkarakter. Dengan demikian dapat memutuskan apakah kita orang yang tepat untuk memulai suatu bisnis. Ada ragam jenis kue yang bisa dibuat seperti nastar, putri salju, kue kacang dan lain-lain. Jika tak memiliki resep lengkapnya, tentu tak perlu cemas, karena di web selalu ada banyak tutorial yang bisa kamu ikuti. Peluang usaha rumahan ini bisa dibuat dari bahan apa saja seperti botol plastik, kain perca, ban bekas, dan barang-barang lain yang sekiranya tidak terpakai.

Bisnis occasion organizer juga menjadi bisnis yang bisa dibilang hampir tidak memerlukan modal. Dua hal yang diperlukan dari macam usaha untuk anak muda yang sedang populer ini hanya pengalaman dan kepercayaan dari klien. Untuk mendapatkan pengalaman tersebut, Anda bisa ikut belajar di beberapa occasion yang sudah ada. Akan lebih baik lagi jika Anda sudah memiliki relasi vendor penyedia perlengkapan event, seperti vendor untuk sound, vendor panggung, dekorasi, dan lain sebagainya.

Jangan mengambil margin alias keuntungan yang terlalu besar saat mulai berjualan. Pasalnya hal tersebut akan membuat produkmu tidak terlalu bagus di mata calon pembeli. Jangan lupa sainganmu cukup banyak, jadi pintar-pintar mengatur harga.

Bisnis dengan tidak menggunakan modal

Pandangan seorang spesialis dapat membantu Anda melihat barang-barang dari sudut pandang yang berbeda dan mendapatkan lebih banyak informasi yang mungkin kurang Anda miliki. Anda dapat meningkatkan bisnis Anda dengan mengumpulkan umpan balik dari mereka. Sebuah rencana bisnis yang tampak bagus di atas kertas mungkin tidak begitu bagus ketika Anda benar-benar menjalaninya. Padahal ‘kan seorang agen properti harus keliling untuk mencari properti. Sering-seringlah melihat referensi website agar kamu mampu memberikan hasil terbaik. Adanya web site dengan tampilan profesional pun membuat perusahaan jadi semakin terpercaya.

Mulai dari mempersiapkan strategi promosi free of charge, meminta bantuan keluarga, hingga mencari tahu tentang dana hibah. Selain itu, keuangan usaha kecil dengan keuangan pribadi juga perlu dipisah dan dicatat dengan baik. Sebab jika tidak memiliki perhitungan yang jelas, uang pribadi dan uang usaha akan bercampur. Ini akan menyulitkan penghitungan untung dan rugi dari bisnis yang dijalankan. Karena tidak membutuhkan modal yang besar, maka waktu yang diperlukan untuk memulai usaha kecil pun tidak banyak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *